Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

Kesbangpol Pekanbaru Gencar Lakukan Penyuluhan Pilkada Serentak 

M Yusuf

PEKANBARU--(KIBLATRIAU. COM) --- Sejak tanggal 11 February lalu,   Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, secara rutin memberikan penyuluhan tentang Pilkada Serentak tahun 2019 kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri dan swasta se-Kota Pekanbaru. Hal ini dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula. 

Kepala Kesbangpol Pekanbaru M Yusuf mengatakan,  pihaknya gencar melakukan penyuluhan tentang pilkada serentak bagi pemilih pemula itu sudah berlangsung di lima wilayah. Diantaranya  Kecamatan Sail, Marpoyan Damai, Sukajadi, Senapelan dan Rumbai.

"Untuk Rumbai, penyuluhan pilkada serentak ini tadi kita gelar di Hotel Mutiara. Setelah itu,  kita akan gelar lagi Kecamatan Bukitraya dan Tampan, " ujar  Yusuf kepada wartawan , Kamis (14/2/2019).

Dijelaskan Yusuf, dalam satu kali pelatihan, pihaknya mengundang sebanyak 150 siswa yang merupakan perwakilan masing-masing sekolah. Satu sekolah kita undang 20 perwakilan, 10 laki-laki dan 10 perempuan. 

"Jumlah ini kita batasi 150 orang per wilayah sesuai kemampuan keuangan yang kita miliki," ucap mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Pekanbaru ini.

Lebih jauh disampaikan Yusuf, melalui penyuluhan dengan narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Akademisi itu, pihaknya berharap bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif dan Pilpres 17 April mendatang.

"Khususnya partisipasi pemilih dari pemilih pemula. Itulah tujuan dari penyuluhan tentang Pilkada Serentak tahun 2019 bagi siswa SLTA sederajat ini," tutur Yusuf.  (Dl/Hen)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar